Rabu, 28 Desember 2011

Bali raih piala bergilir ( from website BKKBN prov Bali )

Pamor Bali berkilau ditingkat Nasional, setelah  mampu  meraih piala bergilir Ibu Negara dalam  lomba poster tingkat nasional di Jakarta. Prestasi bergengsi tsb dimenangkan wakil Bali

Kadek Pipin Rahina Soethama

yang dinobatkan sebagai juara pertama Nasional lomba poster katagori SMA.


Pipin adalah salah satu nominator yang berhasil mendepak lebih dari 1300an roval rivalnya mulai dari babakm penyisihan, hingga  mengerucut menjadi 33 orang peserta dari seluruh tanah air. Pelajar Klas dua SMAN 7 Denpasar ini ternyata  tak mampu ditandingi dalam menyampaikan pesan “Genre” ( baca Generasi berencana)  lewat goresan seni karya posternya. Kadek Pipin yang didapuk sebagai duta Bali dalam lomba poster tingkat nasional yang dihelat BKKBN lewat Dir Adpin yang menggandeng SIKIB ( solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) merupakan peserta yang paling diperhitungkan peserta maupun dewan juri dan  menjadi pergunjingan hangat dalam lomba tsb. Pelajar SMA 7 yang memiliki talenta kuat dibidang  seni terutama kartun, lukis dan poster ini, sempat mengisyaratkan kepesimisannya, manakala  tiba di Jakarta, setelah melakukan sosialisasi dengan kawan kawan sebaya di penginapan.


“Ngga emnak rasanya kalau pulang dengan tangan hampa, ada beban moral yang berat sekali  dipikiran saya, terutama  bagaimana  mempertanggungjawabkan apa yang telah dikerjakan kepada diri saya, orang tua, guru, sekolah dan BKKBN perwakilan Bali “ ujar Pipin. Namun demikian  rasa pesimin Pipin segera sirna setelah ia mengamati dengan dalam dalam poster poster peserta yang nota bene pemenang masing masing Propinsi itu dipajang di Ruang Pamer Gedung Taman Ismail Marzuki ( TIM) di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Barat, selasa malam 8/11-2011. Rasa suka cita Pipin dan juga wakil Bali  yang membuncah buncah tak dapat ditutup tutupi ketika dewan juri yang diketuai Arswendo Atmowiloto tsb menyebut nama Pipin sebagai the best untuk katagori SMA, yang sekaligus menutup harapan 32 Propinsi untuk menduduki yang nomor wahid. Wakil Bali Kadek Pipin Rahina Soethama tidak saja menerima piala bergilir  Ibu Negara Ani Yudoyono, tetapi juga piala tetap Kepala BKKBN  Sugiri Syarief, piagam bahkan hadiah uang tunai.  Piala  bergilir yang diraih Bali ( Pipin)  yang diserahkan secara langsung  Menko Kesra Agung Laksono.


Kepala Sub Bidang Advokasi dan Penggerakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Perwakilan Bali I Nyoman Sumiartha S.sos.MM menyatakan bersyukur atas prestasi yang berhasil ditorehkan Bali ditingkat Nasional khususnya dalam lomba poster Genre tsb. “ Bali memang selalu menjadi perhitungan, semestinya kami dapat menyapu bersih  katagori kejuaraan tsb , tapi tidak apa apa, kami juga berhasil menyandingkan juara nasional tsb dengan juara dua yang berhasil diraih  I Ketut Alit Wijaya dari kelompok mahasiswa, ini juga tidak gampang “ seloroh Sumiartha sumringah.


Alit sendiri sebenanrnya memiliki karya yang menngandung unsue genius lokal kental dalam posternya. Mahasiswa ISSI Denpasar  ini  begitu popular dengan karya seninya yang dihiasi prada sehingga memiliki nuasa yang paling beda, bahkan mencolok perhatian pengunjung pameran lomba. Beberapa juri  bahkan sempat memuji, namun sayang alit toh akhirnya hanya menjadi runner up saja.


Sementara itu wakil Bali dalam katagori SMP yang diwakili Ida Bagus Gede  Adhi Wijaya juga telah mampu membuktikan dirinya, bahwa ia juga memiliki  karakter kuat dalam soal seni lukis, animasi, kartun dan poster. Pelajar SMP Dwijendra Denpasar ini  juga motivasinya bangkit untuk lebih mengasah dan m,enduklang ilmu dari senior seniornya, sehingga pada saatnya  Adhi akan mampu mewujudkannya secara factual.


Bali dalam lomba poster nasional tsb  mengirim empat orang jawara tingkat Propinsi ke tingkat nasional untuk semua katagori. Tingkat umum dikuirim I Made Chritanus Putra, Mahasiswa I Ketut Alit  Wijaya, SMA Kadek Pipin Rahina Soethama dan SMP Ida Bagus Gede Adhi Wijaya.


Melengkapi kegembiraan Bali dan peserta lomba  selama dua hari di Jakarta diajak berkeliling menyaksikan dan menikmati keindahan serta permainan di Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) menyaksikan Jakarta dari Monumen Nasional ( Monas)  sejumlah tempat hiburan seperti Dunia Fantasi ( Dufan) dan tempat tempat bersejarah lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar